UNIVERSITAS NEGERI DAN UNIVERSITAS SWASTA

Dian Nuzulia

Setelah menamatkan sekolah menengah atas, siswa pasti ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi atau universitas, baik negeri maupun swasta. Sebagian besar siswa cenderung memilih universitas negeri daripada universitas swasta. Hal ini dikarenakan biaya yang lebih terjangkau dan kualitas pendidikan yang lebih baik. Di sisi lain, universitas swasta unggul dari segi fasilitas baik sarana dan prasarana lebih baik dibandingkan universitas negeri. Universitas negeri ataupun swasta memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kelebihan universitas negeri dibandingkan universitas swasta dari segi biaya dan kualitas pendidikan. Dari segi biaya, universitas negeri lebih terjangkau. Lebih lagi, universitas menyediakan beasiswa bagi siswa berprestasi yang kurang mampu. Selain itu, universitas negeri memiliki kualitas pendidikan, terutama tenaga pengajar yang handal dan berkompeten dibidangnya. Dengan tenaga pengajar yang berkualitas diharapkan output universitas negeri lebih baik dari output universitas swasta.

Kekurangan universitas negeri dibandingkan universitas swasta dari segi fasilitas dan kapasitas. Dari segi fasilitas, universitas swasta lebih unggul dari universitas negeri sejalan dengan biaya kuliah yang mahal. Hal ini mengakibatkan fasilitas tersedia baik sarana dan prasarana dalam skala besar. Selain itu, fasilitas yang berjumlah besar akan mampu menampung siswa dalam jumlah besar pula. Kedua hal itu yang menyebabkan beberapa orang lebih memilih kuliah di universitas swasta daripada universitas negeri.

Akan tetapi, alumni universitas negeri lebih diperhitungkan dibandingkan universitas swasta, terutama perusahaan-perusahaan tertentu (BUMN) yang lebih memprioritaskan alumni universitas negeri. Namun, ada paradigma bahwa universitas negeri untuk siswa berprestasi yang kurang mampu, sedangkan universitas swasta hanya untuk kalangan yang berpunya.

Kesimpulannya, universitas negeri dan universitas swasta sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Universitas negeri lebih unggul dari segi biaya dan kualitas pendidikan, sedangkan universitas swasta lebih unggul dari segi fasilitas dan kapasitas. Akan tetapi, siswa lebih cenderung memilih universitas negeri karena alumni universitas negeri lebih diprioritaskan untuk diterima bekerja dibandingkan alumni universitas swasta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: