ISTIRAHAT YANG MENYENANGKAN

Karangan Narasi

Bagi ku istirahat yang sangat menyengkan dan bisa membuat ku lupa segalanya adalah tidur, karena disaat tidur aku benar-benar istirahat tidak ada yang ku pikirkan baik masalah sekecil apapun yang selalu membebani ku ketika aku bangun. Oh y perkenalkan nama ku Vina, aku anak pertama dari 2 bersaudara dari kalangan keluarga yang hidup sederhana. Suatu hari aku terbangun dari tidurku dipagi hari tepatnya libur pertama kulia dan pertama ada di rumah setelah lama kos kulia, wahh dihari itu cuacanya dingin sekali karena pagi-pagi kota perabumulih hujan, karna cuaca yang dingin itulah ingin membuat ku ingin kembali memejamkan mata, maklum mata masih berat banget untuk terbuka, berhubung hujan dingin-dingin enakan tidur lagi.
Karna saat ini hehee, habis kapan lagi, waktu kulia waduh mesti bangun pagi-pagi buat siap-siap kulia, tapi sebelum itu aku buka dulu jendela biar segar udaranya apalagi hujan deras kan enak dingin. Dengan tempat tidur yang empuk membuat ku ingin cepat-cepat terlelap maklum d kosan ku kasurnya ga empuk dan selimut tebal menyelimuti ku dengan ditemani boneka-boneka koleksiku yang lucu-lucu, sambil menghilangkan kangen ku sama kamar gitu. Sambil memeluk bantal dengan aroma khas d bantal guling ku hehee, aku pun tertidur lg. Setelah beberapa saat tertidur, akupun samar-samar mendengar suara teriakan “ Vina Bangunlah”  ahhh ternyata nyokap ngomel, ni nyokap ga bisa banget apa liat anaknya senang dikit, yah bodoh amat pura-pura ga denger paling capek ndiri hehee.

Ga lama kemudian saat mata mulai terlelap lagi adik ku datang yang saat itu masih mengenakan handuk sambil menarik selimut yang kukenakan, dia memintaku untuk bangun dan minta bantu menyiapkan perlengkapan sekolahnya senta antarin ke sekolah, tapi tetap aja berat banget rasa nya bangun. Ohh ya lupa adikku ini namanya Elsa dia masih berumur 6 tahun walaupun sering nyebelin dan bertengkar tapi tetap aja dia tu ngangenin loh. Ok Kembali kecerita,  kenapa si ga ngerti banget orang masih ngantuk juga. Sambil menarik-narik selimut yang ku kenakan adik ku teriak-triak dengan suara yg keras “Bangun-bangun uda pagi, adik bilang ibu nanti ga mau bangun, bantuin siap-siap sekolah dan anterin ke sekolah” gitu triaknya, walaupun dia tarik-tarik selimut yang ku kenakan tetap aja aku pura-pura masih tidur.

Ga lama kemudian adik ku pun berhenti sendiri bangunin ku yang lagi pura-pura tidur dan lalu keluar dari kamarku, Yesss…tidur lagi hehee capek ndiri mungkin dia. Tapi ga lama kemudian nyokap ku yang datang yang saat itu lagi bikin sarapan, Ahhh teryata adiku bilang kenyokap kalau aku ga bangun-bangun dan saat itu juga nyokap memintaku tuk bangun dan aku pun disuruh mandi, sarapan, dan anterin adik ke sekolah,  ya mau gimana lagi kalau nyokap yang suruh ga bisa nolak, bisa ga dikasi uang saku ni hehee bisa kacau keuangan ku kalau ga dikasi uang saku, lagian kasian juga sama adik ku yang baru duduk dibangku SD kelas 2 jadi mesti dianterin tiap mau pergi sekolah. Emang si biasanya ada Bibi yang selalu anterin kesekolah tapi sekarang lagi pergi ketempat saudara, mana bokap lagi keluar kota lagi jadi siapa lagi kalau ga aku. Huuu… Dengan sangat berat hati, sambil cemberut aku pun bangun dari tempat tidur dan ternyata kulihat hujan udah reda hanya rintik-rintik dikit pantesan adik ku minta dianterin kesekolah.

Setelah berangkat dari tempat tidur aku pun langsung menuju kamar mandi dengan mata yang masih sayup-sayup karena masih ngantuk, aku pun bergegas untuk membersihkan muka dan gosok gigi, emng sengaja aku ga mandi pagi habisnya dingin banget mandi pagi-pagi, walaupun sering diomelin nyokap tetap aja ga mandi, apalagi ditambah cuaca dingin sehabis hujan wahh bisa beku nanti hehee. Selesai itu dan ganti pakaian akupun sarapan yang sudah disediakan oleh nyokap diatas meja makan, sesudah sarapan selesai adik ku meminta memakaikan seragam sekolah dan memintai rambutnya, harap dimaklumin aku jarang pulang kerumah karna sibuk kulia jadi mungkin dia kangen sama kakaknya, dengan senang hati sambil bercandah-candah aku bantuin dia menyiapkan semua keperluan sekolahnya.

Selesai menyiapkan semua keperluan sekolahnya, adikku kubergegas sarapan dan akupun kembali kekamar untuk merapikan tempat tidurku yang masih berantakan. Sesudah merapikan tempat tidur dan adikku pun selesai sarapan akupun pergi mengantar adikku kesekolah. Jarak sekolah adikku dari rumah si ga terlalu jauh, tapi capek juga kalau harus jalan kaki dan juga karna nanti takut dia terlambat tiba di sekolah jadi aku antar pake sepeda motor. Setelah selesai mengantar adikku dan memastikan dia sudah masuk kelas akupun langsung pulang kerumah.

Ett… belum sampai situ aja ceritanya, kita lanjutkan. Sesampainya di rumah akupun langsung menyalakan televisi dan mengambil makanan ringan yang ada di lemari Es, sambil nonton televisikan enaknya ngemil, itu adalah kebiasaan ku kalau lagi ada di rumah. Setelah bosan sendiri nonton televisi, aku pun beres-beres rumah bantuin nyokap mumpung lagi ada dirumah, aku biasanya bantuin nyokap membersikan perabotan rumah, menyapu dan ngepelin lantai dengan pembersih lantai biar membersihkan rumah aku pun bergegas untuk mandi. Kebiasan ku saat mandi pasti lama mandinya habisnya serasa ga mandi kalo cepet dan pasti sambil nyanyi-nyanyi sendiri dihadapan kaca kamar mandi ku.

Selesai mandi akupun kembali kekamar untuk memakai pakaian santai untuk dirumah dan memanjakan diri sejenak didepan meja rias hehee, aku kan cewek jadi mesti merawat tubuh. Ga terasa hari pun sudah menunjukan pukul 11.00 WIB, ku lihat nyokap didapur lagi sibuk masak, wahh ternyata menu hari ini terasa spesial, karena nyokap masak-masakan kesukaan ku. Ternyata nyokap ku perhatian juga, mungkin karna aku uda lama ga pulang kerumah jadi di masakin makanan kesukaan ku, apa lagi aku kangen masakan nyokap, meskipun di tempat aku kulia ga sulit carinya tetap aja masakan ibu kita sendiri yang paling enak, pasti semua merasa gitu, iya kan?… Ahh jadi pingin bantuin, sekalian sambil latihan masak dari pada ga ada kerjaan dihari itu, yah aku bantuin deh nyokap masak.

Biasanya kalau lagi bantuin masak aku sering di omelin karna jadi berantakan, kalau lagi di omelin gitu yahh akunya senyum-senyum aja sambil merapikan semua yang berantakan. Kalau bantuin masak si paling bantu potong-potong cabai, bawang dan lain-lain, untuk urusan masaknya masih nyokap yang kerjain, paling aku tanya-tanya doang. Pernah dulu sekali-sekali waktu nyokap lagi pergi atau keluar kota aku yang masak, bokap sama nyokap sering bilang kurang masaklah, yang kurang bumbu lah hi..hi..hi… Maklumlah masih tahap belajar, tar juga kalau aku uda berkeluarga pasti terbiasa.

Selesai bantu-bantu masak nyokap bilang uda pukul 12.15 WIB, jam segitu aku harus jemput adik sekolah, kasian kalau lama dia nunggu, tar malah dia main kemana-mana dulu karna blm dijemput karna kelaman jemputnya, bisa repot kami sekeluarga nyarinya, namanya juga anak kecil kalau diajak temannya atau orang lain sering ikut aja. Soalnya pernah kejadian gitu Bibi jemputnya telat, wihh sekeluarga repot cariinnya, nyokap sempat panik. Ehh ternyata dia pulang sama sepupu kami yang saat itu kebetulan lewat didepan sekolahnya, ikutlah adik ku sama sepupu ku itu sialnya ga langsung pulang, tapi mampir kerumah saudara kami yang lain, duhh bikin repot aja kejadian itu. Dari kejadian itu kami dapat pelajaran jangan sampe telat jemputnya, tar kejadian gitu terulang lagi, Yahh kalau sepupu si ga apa-apa, tapi kalau adik ku diajak orang lain yang ada niat jahat gimana?… bisa tambah repot kan, kasian sama adik ku satu-satunya, aku pun pasti merasa sedih.

Jemput sekolah tapi juga bikin kesel loh, kadang lama banget keluarnya jadi nunggunya lama, Paling benci banget nunggu lama-lama gitu bikin BT aja, semua orang juga ga suka nunggu lama-lama, mana ada orng yang suka, kalo ada pasti tu orang lagi bertapa atau bersemedi kali, kalau ga tu itu orang kelainan hi..hi..hi… Untunglah hari itu ga lama nunggunya, jadi aku bisa cepat pulang jemputnya habisnya matahari trik, pagi-pagi hujan dingin ehh siangnya panas banget.

Sepulang dari menjemput adik dari sekolah ternyata bokap baru pulang dari luar kota, tidak lama saat aku pergi bokap pun sampai di rumah, ku lihat dia lagi sibuk membereskan barang-barangnya. Bokap ku ini emang sering keluar kota hampir setiap minggu pasti pergi, dia bekerja sebagai wirausaha jadi sering berpergian jauh, karna perkerjaannya itu lah bokap jarang di rumah. Wah kalau bokap baru pulang enak pasti banyak oleh-oleh  buat kami sekeluarga.

Aku pun yang saat itu baru sampai dirumah langsung meminta adikuku untuk mengganti pakaiannya sehabis pulang sekolah tadi, tidak lama kemudian nyokap menyuruhku sama adik untuk makan siang bersama di ruang makan, bokap ku  pun berhenti sejenak dengan barang-barangnya sehabis pulang tadi dan menuju ke meja makan untuk makan siang bersama. Suasana makan siang bersama keluarga seperti ini sudah lama tidak kurasakan, sambil makan pun kami bisa sambil bercanda-canda, masakkan yang nyokap pun membuat ku makan dengan lahap, senang sekali rasanya kympul-kumpul bersama keluarga seperti ini.

Selesai makan aku pun membantu nyokap membereskan piring-piring kotor yang masih berserakan diatas meja makan, bokap pun kembali dengan aktifitasnya yang tertunda tadi setelah sejenak istirahat selesai makan siang tadi. Setelah selesai makan aku pun segera mengambil air wuduh unuk sholat sesudah selesai akupun kembali menyalakan televisi untuk santai bersama nyokap dan adik ku. Kalau nonton televisi bersama adikku ini, sering sekali kami berebut untuk menonton, adikku sering sekali membuatku jengkel habis maunya film kartun, sedangkan aku mau nonton yang lain, nyokap selalu menyuruh ku untuk mengalah.

Tidak terasa saat nonton televisi akupun merasa ngantuk, akupun kembali ke kamar untuk tidur siang, hemm enak sekali tidur siang dihari itu, aku pun cepat banget terlelap. Sekitar pukul 4.00 sore aku pun terbangun sendiri, saat itu suasana rumah sunyi sekali ternyata kulihat adikku lagi tidur, pantes aja ga brisik, biasanya dia sulit sekali untuk disuruh tidur siang, mungkin adik ku kecapaian bermain saat disekolah tadi. Kalau nyokap ku lihat lagi menyetrika baju dibelakang sambil ngobrol sama bokap yang saat itu lagi menulis, aku pun kurang tahu apa yang lagi dikerjakan bokap, mungkin lagi mencatat smua barang-barangnya. Setelah bangun tidur siang tadi aku pun duduk disamping adik ku yang lagi tidur, karna masih lesu banget mau ngapa-ngapain kalau baru bangun tidur.

Tidak lama kemudian setelah merasa enakan setelah bangun tidur siang tadi aku pun membersikan rumah seperti menyapu lantai dan juga beres-beres sedikit agar rumah tetap rapi dan bersih, saat aku bersih-bersih rumah adik ku pun bangun, dengan wajah yang masuh berantakan itu dia langsung duduk dan menyalakan televisi, aku pun tersenyum melihatnya. Selesai bersih-bersih aku pun kedapur untuk mencuci piring kotor, aku mesti cepat menyelesaikan pekerjaan dirumah karena aku ada janji sama teman sekolahku dulu untuk keluar kumpul-kumpul sambil jalan-jalan sore, semalam temen telepon untuk kumpul-kumpul besok sore, enak loh jalan-jalan sore disini pasti rame biasanya.

Tidak lama lemudian nyokap memanggilku ternyata teman-teman ku sudah datang ke rumah, yahh padahal aku belum mandi dan siap-siap hehee, aku pun langsung mandi. Karna aku mandinya lama mereka jadi tunggunya lama, pasti pada mengeluh… sesudah mandi akupun langsung siap-siap. Tak lama kemudian kami pun pergi, wah dah lama ga kumpul-kumpul kayak gini senang sekali rasanya, saling cerita penggalaman setelah tamat sekolah. Setelah hari hampir gelap aku pun segera pulang ke rumah sebelum magrib tiba, tar kalau kemalaman aku bisa dimarahin oleh orang tua. Ga baik juga pulang sampai lewat magrib.

Setelah sampai dirumah akupun langsung mengganti baju tidur, dan siap-siap buat sholat magrib. Aku biasannya dirumah sholat magrib bersama adikku, kalau nyokap sama bokap sholatnya sendiri-sendiri. Aku sama adikku karna dia sering minta diajarin baca al-Quran. Uda selesai sholat kami pun siap-siap untuk makan malam bersama.

Setelah makan malam dan membersihkan piring-piring kotor aku dan keluarga ku kumpul-kumpul sambil menonton televisi bersama. kalau malam gini adikku pasti memintaku untuk mengajarinnya isi PR dan bertanya apa yang belum dia ketahui tentang  pelajaran yang ada di sekolahnya. mengajari adikku sering membuat kesal, sering tidak di dengerin kalau aku lagi bicara. Sesesai belajar sama adik aku pun kembali santai di rumah sambil nonton televisi. setelah hari sudah menunjukan hampir pukul sepuluh dan merasa ngantuk aku pun segera kekamar untuk tidur, dan tidak lama kemudian akupun terlelap.  Menyenangkan sekali rasanya dihari itu, aku merasa istirahat diwaktu libur kulia yang sangat menyenangkan.

By Vina Lorenza II C

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: