TIPS HIDUP SEHAT

Karangan Persuasi

Dizaman modern ini banyak masyarakat yang tidak membudidayakan hidup sehat. Banyak yang mengkonsumsi alkohol, merokok, mengunakan narkotika dan masih banyak masyarakat yang enggan melakukan olahraga.

Padahal dengan berolahraga dapat membakar lemak yang ada pada tubuh kita. Sehingga tidak ada timbunan lemak didalam tubuh kita yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit.

Dahulu sebelum di temukan mobil dan alat transportasi lainnya, banyak orang berjalan kaki bahkan untuk menumpuh perjalanan yang sangat jauh sekali pun.

Inilah sebabnya dizaman nenek moyang dahulu, tidak ada penyakit-penyakit berbahaya seperti sekarang ini. Karena sering beraktivitas dan asupan makanannya pun berasal dari alam. Yang masih alami belum dicampur dengan bahan-bahan pengawet.

Mengkonsumsi minuman keras  dan bahan-bahan narkotika pun sangat tidk baik untuk kesehatan kita. Mengakibatkan kecanduan, bila kita sudah mengkonsumsinyadan kita bisa melakukan tindakan kriminal, seperti mencuri, membunuh bahkan memperkosa karena tindakan yang kita lakukan itu dibawah kesadaran kita.

Tentu saja tindakan itu sangat merugikan diri sendiri dan orang lain. Orang lain merasa terganggu dengan keadaan kita yang sangat brutal karena pengaruh minuman keras dan narkotika. Kita akan sangat susah mengendalikan diri bila sudah terpengaruh minuman keras dan narkotika. Bahkan ada yang tega menyakiti dirinya sendiri.

Bukan orang dewasa saja yang mengkonsumsi narkotika minuman keras dan rokok, namun, anak-anak dibawah umur pun sudah tahu dengan barang haram itu dan mengkonsumsinya.

Karena uang yang terbatas bahkan ada yang sampai nekat menghirup lem aibon. Banyak anak-anak dibawah umur yang sudah mulai merokok mulai SD, SMP, dan SMA. Biasanya bila anak-anak melakukan tindakan ini, ia kurang mendapatkan perhatian dari kedua orang tuanya.

Sungguh sesuatu yang memang di larang dalam agama islam. Semua tindakan itu sangat mengganggu kesehatan. Bila kita sudah mengkonsumsinya maka akan sulit untuk kita meninggalkannya.

“Merokok dapat menyebabkan, kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin”. Itu sudah tertera disetiap kemasan rokok. Tapi kenapa, banyak masyarakat yang masih mengkonsumsinya yang sudah jelas-jelas sangat tidak baik untuk kesehatan.

Ada yang berkata” kalau tidak merokok tidak semangat untuk beraktivitas, bekerja”. Bahkan ada pula yang berkata” lebih baik tidak makan daripada tidak merokok”.

Kita yang merokok disebut perokok aktif sedangkan yang menghirup asap rokoknya disebut perokok pasif. Namun, dapaknya akan lebih banyak pada perokok pasif jika. Karena perokok pasif lebih banyak menghirup asap rokok. Bila sudah terlalu sering menghirupnya, maka itu dapat mengganggu sistem pernapasan kita.

Dengan meninggalkan barang-barang itu dan tidak mengkonsumsinya, tubuh kita akan tampak sehat dan segar. Apalagi bila kita melakukan olahraga rutin. Memakan makanan yang bergizi, empat sehat lima sempurna. Itu akan menunjang kesehatan kita.

Menghindari minuman yang bersoda, serta minuman dan makanan siap saji. Karena dengan mengkonsumsi minuma bersoda setiap hari, akan meningkatkan resiko terkena penyakit diabetes, jantung dan gangguan metabolik lainnya.

Daripada mengkonsumsi minuman yang bersoda, yang sudah jelas dapat mengganggu kesehatan, lebih baik kita mengkonsumsi jus buah akan jauh lebih baik untuk kesehatan kit a atau kita adalah pencinta teh. Dengan kita mengkonsumsi teh, resiko terkena penyakit jantung dan stroke akan lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang jarang atau tidak pernah sama sekali mengkonsumsi teh.

Selanjutnya jika kita mengkonsumsi makanan berlemak secara berlebihan, tanpa diimbangi dengan olahraga maka akan terdapat timbunan lemak-lemak jenuh yang sangat tidak baik untuk kesehatan karena dapat menimbulkan berat badan yang lebih.

Jika kita memiliki berat badan yang lebih “gendut” maka kita akan kesulitan untuk beraktivitas lebih lama atau bekerja keras, karena dari kebanyakan orang gendut bilang bila sudah beraktivitas sebentar saja maka ia akan merasa letih dan berhenti untuk beraktivitas.  Mengkonsumsi makanan yang berlemak juga dapat menyebabkan kolesterol.

Alangkah baiknya jika kita lebih banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayuran ketimbang mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak. Karena didalam buah-buahan dan sayuran banyak vitamin yang sangat baik dan sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Baik untuk pencernaan dan metabolisme dalam tubuh kita pun dapat berlangsung dengan baik.

Alangkah baiknya jika dari sekarang kita membudidayakan hidup sehat karena sehat itu indah. Dimulai dari diri sendiri, hindari minunam keras dan narkotika.

Mulai menjaga pola makan kita, memilih-milih makanan dan minuman yang akan kita konsumsi supaya kesehatan kita dapat terjaga dengan baik. Karena dengan kita hidup sehat, pikiran kita pun akan sehat juga resiko terserang penyakit pun akan lebih kecil.

Banyak tips-tips yang bias dilakukan untuk memperoleh hidup sehat, antara lain yakni dengan mencukupi kebutuhan gizi, hindari lemak berbahaya, janganlah lupa sarapan karena itu bisa memacu penyakit maag, makan sayur dan buah yang cukup, minumlah air mineral 8 gelas sehari, pertahankan berat badan yang ideal, olahraga yang teratur, cukup istirahat, hindarilah rokok dan minuman yang beralkohol, selalu berpikir positif.

Beberapa manfaat yang dapat diperoleh seseorang bila kita melakukan dan menerapkan pola hidup sehat diantaranya, yakni :

* Dapat tidur dengan nyenyak
*  Dapat bekerja lebih maksimal serta meningkatkan kinerja
* Dapat belajar dengan baik
*  Berpikiran positif dan sehat
*  Merasa damai, nyaman dan tentram
* Memiliki penampilan yang sehat
* Mendapatkan kehidupan dan interaksi sosial yang baik
*  Lebih percaya diri
*  Menghemat pengeluaran untuk kesehatan
*  Terhindar dari penyakit

Dengan demikian jelas bahwa dengan melakukan pola hidup yang sehat, banyak manfaat yang akan kita dapatkan,  dibandingkan dengan melakukan pola hidup yang salah yang sudah dijelaskan diatas.  Semoga anda termasuk yang menjalani pola hidup sehat.

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: